Bahan Kain Katun 20s, 30s, dan 60s: Pengertian, Kelebihan, dan Kegunaan

Bahan Kain Katun 20s, 30s, dan 60s: Pengertian, Kelebihan, dan Kegunaan

Seiring perkembangan zaman, beragam bahan kain dibuat semakin halus, lembut, dan nyaman. Pilihannya pun beragam, termasuk di antaranya Katun atau Cotton.

Katun sangat popular sebagai bahan baku tekstil mulai dari pakaian hingga seprai dan selimut. Ciri khasnya ialah ringan, nyaman, dan dapat beradaptasi dengan iklim atau cuaca.

Salah satu keunggulan kain katun adalah hypoallergenic, yakni tidak mudah memicu reaksi alergi di kulit. Harganya pun relatif lebih terjangkau dibandingkan jenis kain lain.

Apa itu Katun 60s?

Cotton combed 60s berarti bahwa jumlah benang adalah 60 dalam sistem tidak langsung (Ne Number English) untuk menentukan ketebalan benang. Hitungan atau yarn count adalah ekspresi numerik yang menunjukkan kekasaran atau kehalusan suatu benang. Benang combed 60-an adalah benang berkualitas baik yang biasanya digunakan untuk kain kaus halus.


Lantas, apa itu Katun 2 Lapis?

Katun dua lapis atau 2-ply Cotton berarti dua benang dipilin menjadi satu benang yang kemudian ditenun menjadi kain. Kain dua lapis umumnya lebih unggul daripada kain lapis tunggal.

Berapa rata-rata thread count kain Katun?


Jumlah benang dari kapas dasar atau standar adalah sekitar 150 – lembaran berkualitas baik mulai dari 180 jumlah benang dan dianggap percale. Sementara jumlah benang menjadi pertimbangan, ada fitur yang jauh lebih penting untuk mengukur kenyamanan, kualitas, dan nilai.

Mana yang lebih baik Katun Jepang atau Katun Mesir?

Kain Katun yang terbuat dari Kapas Mesir (Egyptian Cotton) lebih lembut, halus, dan tahan lebih lama daripada kapas lainnya, sehingga layak untuk mengeluarkan sedikit uang tambahan.

Karena benang yang lebih halus berarti jumlah benang yang lebih banyak, tenunan kain secara signifikan lebih kuat dan bertahan lebih lama daripada kapas biasa.

Apakah Kapas penghasil Katun Mesir sama dengan katun 100%?

Saat Anda berbelanja seprai atau linen, Anda akan sering melihat "100% Cotton", "Egyptian Cotton", dan istilah lain yang digunakan untuk menjual kualitas kain kepada Anda.

Seprai terbaik adalah 100 persen katun Mesir.

Terbaik kedua adalah kapas 100 persen pima, juga dikenal dengan nama merek dagang Supima.

Share this Post