7 Panduan Lengkap Cara Memilih Sprei dan Selimut Agar Tidur Semakin Nyenyak

7 Panduan Lengkap Cara Memilih Sprei dan Selimut Agar Tidur Semakin Nyenyak

Seprai dan selimut merupakan sarana pelengkap istirahat Anda setelah menjalani hari yang penat dan penuh aktivitas. Untuk itu, demi memenuhi kenyamanan dalam beristirahat hingga tidur lelap, Anda harus memilih paket sprei yang tepat.

Perkara seprai dan selimut, tentu tidak semua orang memahaminya secara detail. Sehingga, bagi Anda yang penasaran

1. Tentukan anggaran belanja

Sebelum memulai memilah dan memilih paket seprai yang sempurna, penting untuk terlebih dahulu mempertimbangkan berapa banyak uang yang ingin Anda pakai. Perlu diingat bahwa Anda biasanya menghabiskan sebagian besar waktu setiap hari di kasur Anda, jadi anggap saja ini bentuk investasi jangka panjang.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa selama seumur hidup, rata-rata orang Indonesia menghabiskan sekitar 36 tahun berbaring di tempat tidur mereka. Untuk alasan ini, berinvestasi seprei berkualitas yang akan memberi Anda tidur malam yang nyenyak sangatlah berharga.

Tentu saja, harga sangat tergantung pada jenis kain:

Katun Organik

Jenis kain katun ialah bahannya solid seperti pada pakaian, teksturnya halus dan nyaman. Kisaran harganya dari Rp500.000 - Rp1.500.000.

Egyptian Cotton

Serupa dengan Katun Organik (Organic Cotton), Egyptian Cotton atau biasa disebut Katun Mesir umum digunakan sebagai bahan seprai di hotel bintang 5. Teksturnya lebih solid, lebih halus, dan lebih nyaman. Kisaran harganya mulai Rp800.000 hingga 2.500.000.

TENCEL™

Berbeda dengan bahan katun, Tencel cenderung halus dan silky meyerupai sutra. Karena terbuat dari olahan kayu, bahan kain ini adaptif terhadap cuaca di sekitarnya.

Jacquard TENCEL™

Jacquard Tencel merupakan perpaduan Tencel yang mewah dan elegan dengan motif emboss yang otentik. Selain lebih tebal dari Tencel reguler, bahan ini jauh lebih nyaman dan solid.

Di Sleep Project, Anda dapat menemukan seprai dengan harga terjangkau mulai dari Rp599.000 atau memilih bahan yang lebih mewah yang sesuai dengan semua kebutuhan tidur Anda dengan harga kurang dari Rp2,5 juta. Bedcover yang kami pasarkan pun menggunakan isian microfiber yang sangat empuk dan tahan lama.

2. Ukur kasur, sarung bantal, dan kebutuhan selimut

Setelah menentukan budget, “Ukuran sprei apa yang saya butuhkan?”. Jawabannya adalah apakah Anda sudah punya kasur, bantal, dan guling.

Apabila belum, silakan lanjut membaca. Apabila sudah, Anda cukup menyesuaikan ukuran yang sudah ada.

Jika Anda tinggal di tempat yang sangat kecil, mungkin yang terbaik adalah memilih ukuran yang lebih kecil, yaitu Single atau Queen. Jika luas ruangan memungkinkan, pilihlah kasur ukuran King hingga Extra King.

Baca panduan ukuran kasur dan jenis-jenisnya.

3. Teliti faktor kesehatan dan kenyamanan

Yang tidak boleh luput dari perhatian Anda ialah kesehatan, terutama bagi Anda yang memiliki riwayat gangguan pernapasan maupun alergi.

Bahan organik dinilai mampu menyesuaikan dan adaptif terhadap penggunanya, baik di suhu normal maupun ekstrem sekali pun. Bahan ini juga dapat mencegah tumbuhnya bakteri dan virus yang mungkin bersarang di kasur dan sprei.

Bahan organik yang lazim tersedia di pasaran antara lain Organic Cotton dan TENCEL™. Keduanya sama-sama ramah lingkungan dan aman karena antibacterial penyebab masalah pernapasan dan Hypo Allergenic.

4. Pelajari tipe-tipe dan jenis-jenis bahan kain

teks

5. Ketahui iklim dan cuaca tempat tinggal

teks

6. Konsultasikan kebutuhan Anda dengan para ahli

teks

7. Pahami cara mencuci dan perawatan kain

teks

Kesimpulan

zzz

Share this Post