Thread Count Kain Seprai: Definisi, Jenis, dan Mana Lebih Bagus?

Thread Count Kain Seprai: Definisi, Jenis, dan Mana Lebih Bagus?

Thread count merupakan bagian yang tak terpisahkan dari sebuah seprai dan perlengkapan tidur lainnya. Ia salah satu indikator kualitas kain sekaligus tolok ukur kenyamanan ketika digunakan.

Sebagaimana yang kita ketahui, manusia rata-rata tidur selama 7-9 jam setiap hari, maka sudah selayaknya memastikan bahan atau material terbaik demi meningkatkan kualitas tidur.

Perihal thread count suatu kain, tentu tidak bisa dianggap sepele. Namun, sayangnya belum banyak orang yang memahami betapa pentingnya hal ini.

Tanpa berlama-lama, berikut ini pembahasannya.

Memahami apa itu thread count

Di industri tekstil, jumlah pintalan benang (thread count) selalu menjadi perhatian, terutama perlengkapan tempat tidur. Penjual seringkali menggembar-gemborkan jumlah pintalan serta kerapatan benang untuk menarik perhatian calon pembeli.

Namun, kenyataannya jumlah pintalan benang hanyalah sedikit bagian dari keutuhan kualitas suatu kain yang menjadi bahan baku utama sprei, sarung bantal, sarung guling, maupun selimut bedcover.


Definisi thread count adalah jumlah pintalan benang horizontal dan vertikal dalam 1 inci persegi kain. TC paling rendah mulai dari 100 dan tertinggi mencapai 2.000 sekian.

Terdapat batasan TC sehingga suatu bahan kain dapat dikategorikan bermutu atau berkualitas tinggi. Pada umumnya tingkat TC berdampak pada ketebalan kain dan keawetan produk jadinya.

Apakah thread count berpengaruh terhadap kualitas tidur?

Pertanyaan yang mungkin ada di benak Anda: apakah thread count berpengaruh terhadap kualitas tidur?

Jawabannya simpel: bisa iya, bisa tidak.


Ketika Anda membeli seprei atau perlengkapan tidur dengan harga yang murah, tentu Anda tidak akan memperoleh kain yang memiliki TC tinggi. Bisa jadi hanya sekadar nyaman, tapi tidak sebanding dengan bahan yang lebih mahal.

Sebaliknya, bahan yang lebih mahal sudah barang tentu memiliki TC yang tinggi di samping kehalusan, kenyamanan, serta keamanannya yang lebih terjamin.

Tidak ada salahnya Anda merogoh kocek lebih dalam demi seprai yang lebih berkualitas. Selain lebih awet hingga bertahun-tahun, Anda tidak perlu khawatir akan efek kesehatan yang mungkin timbul seperti alergi, luka, maupun bau tidak sedap akibat kegerahan.

Dengan begitu, tidur pun akan lebih lelap sepanjang malam.

Tekstur kain berdasarkan TC

Beralih ke bahan seprai dan selimut yang lebih nyaman merupakan satu tahap menuju tidur yang lebih berkualitas. Satu di antara poin pentingnya ialah jumlah benang yang dipintal.

Bahan Katun sendiri memiliki TC mulai dari 200 hingga 1.000, bahkan yang paling tinggi 2.500 ke atas. Sementara itu bahan Tencel lebih bervariatif, mulai dari 300 hingga 750 TC.

Jika Anda suka tekstur bahan kain yang silky seperti sutra, pilihlah Tencel atau Premium Tencel.

Namun jika Anda lebih menyukai bahan kain yang solid dan halus, pilihlah Organic Cotton atau Premium Cotton.

Kesimpulan

Daripada hanya fokus menghitung thread count ketika berbelanja produk bedding set, ada baiknya Anda juga memperhatikan tipe dan kualitas material sesuai kebutuhan.

Jika Anda masih bingung dan ragu, Anda bisa membaca istilah-istilah seputar tidur. Jangan ragu untuk bertanya ke customer service kami perihal kebutuhan bedding set Anda.

Share this Post